Kamis, 07 April 2011

Belanja Online Selalu Memberikan Kemudahan Dalam Jual Beli

Author: Denny Rizal
Saat ini, Jual Beli Online semakin marak dengan kegiatan Belanja Online / daring. Tentunya hal ini bias di lihat bahwa konsumen sudah mulai jenuh dengan kepadatan tempat belanja di pasar tradisional dan di mall / plaza dan kemacetan lalu lintas. Oleh karena itu, Belanja online / daring mempermudah Anda, karena Anda tidak usah repot pergi ke pusat perbelanjaan, yang beresiko membuang waktu dan tenaga Anda. Hanya dengan mengakses jaringan internet, Anda bisa mengunjungi berbagai situs penyedia layanan belanja online. Dimanapun dan kapanpun Anda berada, selama Anda masih terhubung dengan Jaringan Internet, maka kegiatan jual-beli kebutuhan yang Anda perlukan dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan singkat. Jenis barang yang diperjual-belikan dalam layanan belanja online / daring sangat beragam. Mulai dari alat-alat elektronik, hingga aksesoris untuk hewan peliharaan Anda tersedia disini. Anda tidak perlu lelah mencari barang-barang kebutuhan dari rak yang satu ke rak yang lain di pusat perbelanjaan, yang sudah pasti menyita waktu dan tenaga Anda.
Jual Beli Online / daring juga memberikan keuntungan yang cukup besar bagi si penjual. Karena hanya melalui situs internet yang cukup murah sudah menggantikan biaya sewa toko maupun tenaga kerja yang harus Anda rekrut untuk membantu Anda. Sistem kepercayaan menjadi modal utama dalam metode jual beli online / daring ini. Karena ada kekecewaan atau kerugian dari pembeli untuk barang pembelian barang melalui layanan jual beli online. Bisa disebabkan karena kualitas barang yang di iklankan si penjual ternyata jauh berbeda dengan yang ia terima saat barang dikirimkan. Hal inilah yang perlu mendapat perhatian lebih oleh pihak penjual maupun penyedia layanannya sendiri dengan melakukan filtering yang ketat terhadap semua jenis barang yang disediakan, maupun pelanggan yang bergabung dalam layanannya dalam menjual barang yang ia tawarkan.
Dibalik semua kemudahan pasti ada yang menjadi hambatan. Begitu juga dengan metode belanja online / daring. Faktor jarak antara lokasi si penjual dengan si pembeli yang terpisah, sangat rentan menimbulkan praktek penipuan karena jual-beli dilakukan didunia maya serta pembobolan rekening, yang disebabkan karena pembayaran jual beli menggunakan jaringan internet tanpa sistem pengamanan yang optimal. Pengiriman barang yang telah disepakati antara si penjual dan pembeli yang melalui jasa pengiriman atau pos sangat rentan rusak atau pecah dan bahkan tidak sampai hingga ke tangan pembeli. Karena itu perlu menjadi syarat utama dalam praktek jual beli online / daring adalah ‘dapat di pertanggung jawabkan’ baik berupa barang, kualitas, pembayaran hingga pengiriman dari pihak penjual dan pembelinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar