Selasa, 12 April 2011

Pengoptimalan SEO Di Gunakan Untuk Memasarkan Toko Online Anda

Author: Riani Astryana

Dengan semakin meningkat persaingan bisnis Toko Online saat ini, maka para pemilik dituntut untuk semakin kreatif dalam menjaring pembeli untuk mengunjungi Toko Online miliknya. Semakin menarik tampilan dan tawaran dari produk yang di jual, semakin banyak dan meningkat pula jumlah pengunjung di situs Toko Online nya. Namun, dibalik semua itu, ada langkah cerdas yang bisa Anda terapkan untuk menjaring banyak pelanggan yang mengunjungi situs Anda.
Dengan Pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization), hal ini dapat menjadi salah satu langkah cerdas yang bisa memaksimalkan Tingkat Kunjungan di situs Toko Online Anda. Pemanfaatan SEO adalah agar situs Anda mudah ditemukan dalam mesin pencari dalam konstruksi web. Dengan menggunakan SEO ini, Anda sudah dapat menghemat biaya pemasangan iklan dalam situs iklan berbayar.
Saat situs Toko Online atau bisnis berbasis web Anda berada dalam posisi teratas maupun halaman pertama dalam mesin pencari, maka ini adalah kesempatan Anda untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Ada 7 (tujuh) tips singkat yang bersifat teknis dan non-teknis yang bisa Anda terapkan dalam melalui pemanfaatan SEO, yaitu :
·     Buatlah tampilan situs Toko Online Anda semenarik mungkin dan sesuaikan dengan segmen bisnis yang Anda jalankan. Tampilan yang menarik namun tidak memusingkan mata si pengunjung, akan membuka kesempatan pengunjung Anda menjadi pelanggan Anda.
·   SEO dictionary, gunakan dan pahami dictionary yang menghimpun berbagai istilah dalam dunia SEO, agar pengembangan SEO Anda bisa lebih maksimal.
·    Keyword, menjadi hal penting agar toko online atau bisnis berbasis web Anda mudah dicari pengunjung. Gunakan keyword yang singkat, jelas, tanpa penggunaan kata yang berbelit-belit. Anda bisa menggunakan tools yang disediakan oleh Google maupun Yahoo untuk memonitor keywords untuk terhubung ke toko online Anda.
·   Meta tags generator, layanan mesin pencari seperti Yahoo maupun google biasanya hanya membaca meta tags dan meng-generate kodenya lalu Anda hanya perlu melakukan copy-paste, tanpa perlu proses coding yang membingungkan.
·   Page snooper.  Secara singkat, page snooper dideskripsikan sebagai teks dari halaman html yang akan dibaca oleh mesin pencari. Penggunaan page snooper ini berguna saat indexing, dan mengukur apakah keywords Anda sudah terindex dengan tepat dalam mesin pencari.
·   Broken link checker dan reciprocal link checker. Kedua tools checker ini menjadi pendukung SEO dengan menautkan berbagai link sejenis dalam halaman web Anda. Dengan adanya link-link terkait, maka akan mempermudah halaman web toko online Anda terindex oleh mesin pencari seperti Yahoo, Google, Bing, dan lain - lain.
·   Anda bisa menguji keberhasilan keywords yang telah Anda optimasi dalam SEO dengan mempromosikannya dalam Yahoo atau Google.
Anda harus ingat – ingat hal ini, yaitu sebaiknya SEO dijadikan sebagai improvisasi toko atau Bisnis Online Anda, bukan untuk dijadikan alat peningkat traffic dalam mesin pencari. Janganlah mengejar keuntungan yang terlalu sangat cepat. Karena akan terasa lebih nikmat ketika Anda mendapatkan keuntungan dari efek SEO yang meningkat perlahan dapat mendatangkan income yang lebih stabil meningkatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar