Rabu, 13 April 2011

Tips Melakukan Pembayaran Aman Dalam Toko Online

Author: Riani Astryana

Ketika Anda melakukan Jual Beli Online, Anda akan dihadapi oleh bagaimana melakukan pembayaran nirkabel dengan aman tanpa gangguan dari hacker ataupun phising. Sebenarnya banyak layanan berupa situs yang menyediakan jasa pembayaran via online yang aman dan terjamin, tanpa Anda perlu memberikan PIN kartu kredit maupun kartu debit Anda. Sebut saja situs eBay, PayPal, maupun e-Gold, yang memberikan jasa pembayaran payment processors yang meminimalisir kekurangan dari metode pembayaran menggunakan cek dan sejenisnya.
Layaknya membuka rekening yang biasa Anda lakukan di bank, Anda akan diminta membuat account dan registrasi termasuk memasukkan nomor rekening bank yang akan di debit. Bertransaksi didunia internet layaknya kita bertransaksi didunia nyata. Situs penyedia layanan pembayaran via online yang menjamin keamanan pelanggannya, biasanya yang sudah menggunakan teknologi SSL (secure sockets layer), yakni teknologi untuk membantu melindungi data pengguna dari akses yang tidak patut, kehilangan data, maupun penggunaan data palsu. Email Anda akan menerima notifikasi dari account pembayaran online jika ada transaksi yang masuk atau keluar dari Toko Online.
Anda tidak akan direpotkan lagi dengan harus datang ke gerai ATM dalam melakukan pembayaran maupun pengiriman uang dalam menjalankan bisnis toko online Anda. Kartu kredit memang dianjurkan pemakaiannya agar Anda bisa melakukan cicilan pembayaran, namun disarankan untuk tetap hati-hati dan ikuti rambu-rambu penggunaan kartu kredit dalam berbelanja online secara aman.
Semudah dan senyaman melakukan pembayaran saat berbelanja online, tidak ada salahnya jika Anda ikuti Tips Aman membayar belanjaan Anda via online :
  1. Cek secara detail terlebih dahulu situs yang menjadi toko online untuk kita berbelanja. Jika si penjual melampirkan nomor telepon, YM maupun alamat serta account dijejaring social, tidak ada salahnya jika Anda mengeceknya langsung. Jika nomor telepon yangh dicantumkan tidak dapat atau sulit untuk dihubungi atau alamatnya ternyata tidak ada, sebaiknya Anda batalkan transaksi belanja Anda disitus toko online tersebut.
  2. Jangan memberikan data pribadi yang menyangkut identitas diri Anda, seperti KTP, SIM, kartu ATM maupun nomor rekening Anda begitu saja kepada si penjual. Informasi pribadi ini jarang digunakan dalam pembayaran online yang sudah menggunakan situs pembayaran online seperti PayPal, eGold maupun MoneyBooker. Kalaupun terpaksa menggunakan nomor kartu kredit, hati-hati saat menggunakannya.
  3. Cari dan baca informasi tentang kebijakan situs tersebut atau yang lebih dikenal dengan License and Agreement. Hati-hati jika ada klausal yang menyebutkan bahwa pihak penjual bisa memberikan informasi mengenai Anda ke pihak lain atau pihak ketiga. Perhatikan klausal mengenai kebijakan pembelian dan pengembalian barang yang akan berguna jika barang yang kita terima nanti tidak sesuai permintaan atau cacat dan rusak.
  4. Periksalah harga yang tertera pada barang, kita patut curiga apabila barang yang sama memiliki harga yang jauh berbeda dengan yang ada di toko.
  5. Gunakan password yang berbeda setiap Anda bertransaksi untuk menghindari tindak kejahatan pencurian password.
  6. Pastikan peranti atau komputer Anda sudah terproteksi dengan antivirus yang terupdate dan lebih aman lagi jika antivirus Anda sudah memproteksi dari spyware, anti phising dan firewall.
  7. Sebaiknya Anda minta dan simpan bukti transaksi setiap Anda berbelanja via online.
  8. Memiliki account dalam situs seperti PayPal, eGold maupun MoneyBooker akan meminimalisir resiko penyalahgunaan kartu kredit.
  9. Kalaupun Anda belum atau tidak memiliki account dalam situs seperti PayPal, eGold atau MoneyBooker, dan harus menggunakan kartu kredit, periksa URL dalam situs toko online tersebut apakah sudah memiliki tanda gembok atau secure. Jika URL situs tersebut memang sudah terproteksi, maka URL-nya akan berubah dari http menjadi https saat Anda melakukan transaksi.
Lebih bijaksanalah dan selalu hati-hati dalam setiap melakukan transaksi via online adalah menjadi kunci utama jika Anda menginginkan keamanan dalam berbelanja secara nirkabel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar