Rabu, 04 Mei 2011

Info Agar Proses Jual Beli Di Toko Online Mempermudah Pelanggan


Seiringnya Toko Online yang terlanjur menjamur memberikan kemudahan bagi pelanggan serta penjualnya, lalu menjadikan rating perdagangan via Jaringan Internet mengalami peningkatan, di bandingkan dengan perdagangan dalam pasar yang nyata dalam kehidupan sehari - hari. Maka berdampak terhadap persaingan antar Provider web developer mengalami semakin sengit. Selain tampilan atau interface website yang menarik, prosedur Jual Beli yang gampang, jenis produk yang di dagangkan, ada satu hal penting yang sangat di inginkan pelanggan saat mengunjungi website Toko Online Anda, yaitu kemudahan mereka untuk mengakses ke dalam website.
Bila menggunakan Handphone BlackBerry, Anda harus melihat PIN, Anda dapat menggunakan barcode untuk mengundang teman-teman mereka ke BlackBerry Messenger? Kode tersebut bernama kode QR (Quick Response). Kode seperti ini sudah lama di gunakan di Negara Jepang untuk menginformasikan suatu hal penting ke masyarakat, seperti kandungan gizi yang ada pada satu produk makanan. Jika Anda suka melihat kode binner yang memunculkan garis-garis dengan ketebalan yang berbeda di berbagai produk, seperti kotak Handphone, Notebook maupun saat Anda membeli Mobil Baru, kode ini terpampang di bagian jendela belakang. Kode - kode tersebut biasanya terdapat informasi mengenai nomor seri dan seri produk yang disertakan dalam database menggunakan pemindai. Sudah tersirat akan merepotkan jika harus memasukkan ribuan kode binner ke dalam database di PC Anda.
Kode QR yang tampilan sekilasnya berupa kode matrik berupa batang dua dimensi, yang diprakarsai oleh Denso Wave dalam memudahkan pemindaian pada kendaraan dibagian manufaktur. Pengembangannya, kode QR di samping itu, penggunaannya telah memperluas segmen komersial. Di Indonesia sendiri, penggunaan kode QR ini pertama kali oleh harian Kompas yang mempermudah pembacanya mengakses langsung ke kategori dimana artikel tersebut diterbitkan.
Cara pemakaian yang sangat gampang membuat kode QR ini sebagai barcode di banyak kemasan barang. Anda hanya cukup menggunakan kamera Handphone Anda untuk memotret kode QR yang terpampang dalam produk yang Anda inginkan, lalu mengaktifkan fitur QR Reader jika ponsel Anda sudah terinstal aplikasinya dan terhubung koneksi internet, baik melalui jaringan GPRS, WiFi dan 3G. Jika kode QR tersebut berisi sebuah alamat website, maka Anda akan langsung terhubung kedalam website yang sudah dipindai ponsel Anda.
Jika Anda mengaplikasikan kode QR ini dengan melakukan registrasi situs Online Store Anda ke Provider penyedia aplikasi QR, Anda bisa mempromosikan bisnis online Anda tersebut dengan mulai menyebarkannya melalui SMS atau layanan live messenger, seperti Blackberry Messenger yang sudah mensupport pemakaian kode QR. Dan saat pelanggan menerima kode QR tersebut melalui ponselnya, si pelanggan akan langsung terhubung ke website Online Store Anda tanpa perlu repot mengetikkan nama website ataupun melakukan pencarian melalui Mesin Pencari (search engine).
Penggunaan kode QR yang menampilkan alamat situs Online Store Anda juga telah memberi keamanan bagi pelanggan agar tidak masuk ke dalam situs yang memalsukan nama situs Anda. Kode QR ini selain kelebihan yang sudah di sebutkan, juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu berupa tetap terbacanya kode meskipun dalam keadaan rusak. Database yang terdapat dalam kode QR tersebut akan tetap tersimpan dengan aman dan tetap terbaca oleh mesin pemindai QR yang terdapat dalam ponsel yang sudah mensupport aplikasinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar