Senin, 30 Mei 2011

Mari Kenali Penyebab Bronchitis Akut Pada Bayi Dan Perlengkapan Bayi Yang Di Butuhkan

Author: tipsbayi.com

Seperti apakah Bronchitis Akut pada bayi? Membutuhkan Perlengkapan Bayi yang seperti bagaimana untuk menanganinya bila bayi kamu terjangkit Bronchitis Akut? Justru di sini akan Ucup_Mardhiono uraikan sesuai rangkuman yang ambil yang ada pada website tipsbayi.com. Bronchitis Akut atau yang di kenal juga dengan Paru - Paru Basah – merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika saluran bronchial dalam paru-paru terendam dengan air. Saluran bronchial ini kemudian akan membengkak dan memproduksi lendir, yang menyebabkan timbulnya batuk-batuk.
Penyakit ini sering timbul setelah adanya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), seperti pilek. Sebagian besar gejala bronchitis akut seperti sakit di dada, sesak napas, dll biasanya bertahan hingga 2 minggu, namun batuknya bisa terus bertahan hingga 8 minggu pada kasus tertentu.
bronchitis and bronchiolitis
Bagan Bronchitis Saat Bayi Kamu Kurang Perlengkapan Bayi
Kalau Bronchitis kronis bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan biasanya menyerang para perokok. Orang yang menderita Bronchitis Akut biasanya akan terus batuk berdahak selama 3 bulan tiap tahunnya, selama 2 tahun berturut-turut. Jika kamu atau keluarga kamu pernah di diagnosa dengan penyakit ini, maka sebaiknya kamu mengunjungi dokter spesialis untuk di periksa lebih lanjut.
Jenis infeksi paru-paru lainnya yang harus di ketahui oleh para orang tua adalah Bronchiolitis. Bayi juga bisa diserang penyakit bronchiolitis (infeksi yang disebabkan oleh virus) yang bisa menghalangi saluran pernapasannya sehingga perlu dirawat.

Penyebab Bronchitis

  1. Beberapa jenis virus, diantaranya: Respiratory Syncytial Virus (RSV), Adenovirus, Influenza dan Parainfluenza
  2. Bakteri, pada kasus yang jarang ditemui
  3. Polutan (bahan kimia yang terkandung dalam udara)

Tanda-tanda dan Gejala Bronchitis

  1. Batuk berdahak (pada hari-hari pertama mungkin batuk kering)
  2. Rasa sakit di dada
  3. Rasa lelah
  4. Sakit kepala ringan
  5. Sakit-sakit pada badan
  6. Demam
  7. Mata berair
  8. Sakit tenggorokan

Periksakan ke Dokter jika Anak Anda Memiliki:

  1. Panas tinggi,
  2. Demam dan batuk dengan dahak yang sangat kental atau bahkan mengandung darah,
  3. Masalah kronis pada jantung atau paru-parunya,
  4. Sesak napas, atau napasnya pendek-pendek,
  5. Gejala-gejala bronchitis di atas lebih dari 3 minggu,
  6. Selalu terjangkit bronchitis/bronchiolitis.
Jika kamu memiliki bayi yang kurang dari 3 bulan dan terkenan demam, sangatlah bijaksana untuk memeriksakannya ke dokter.
Nantinya dokter kamulah yang akan menentukan apakah si kecil terkena Bronchitis Akut, kronis, bronchiolitis, atau mungkin infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) lainnya. Setelah itulah perawatan yang tepat akan dapat di tentukan.

Kapan Antibiotik Diperlukan?

Untuk kasus Bronchitis Akut, antibiotik akan sangat jarang diperlukan, karena bronchitis akut dan bronchiolitis hampir selalu di sebabkan oleh virus. Adapun bronchitis kronis membutuhkan Perlengkapan Bayi dan terapi yang lebih intensif daripada sekedar konsumsi antibiotik.
Walaupun demikian, jika bayi kamu di diagnosa dengan penyakit ISPA lainnya seperti Pneumonia atau Pertussis, mungkin dokter kamu akan merespkan antibiotik.
Antibiotik tidak akan membantu untuk bronchitis yang di sebabkan oleh virus atau polusi udara (seperti asap rokok). Ingat, meminum antibiotik ketika tidak di perlukan justru akan sangat berbahaya bagi kesehatan bayi kamu, kamu, dan keluarga.

Bagaimana Mencegah Bronchitis Akut?

  1. Hindari merokok, terutama berbagi sebatang rokok dengan banyak orang,
  2. Jaga higienitas tangan,
  3. Imunisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar