Selasa, 05 Juli 2011

Ahli Memasak Belum Tentu Akan Sukses Jalankan Bisnis Makanan


Seandainya memang kamu memiliki keahlian untuk membuat makanan lezat belum tentu membuat kesuksesan dalam menjalankan usaha Jual Beli makanan. Cara membuat makanan enak dan mengelola bisnis makanan adalah dua hal yang berbeda. Penjualan makanan kini tidak lagi hanya mengandalkan memiliki sebuah Warung Makanan, melainkan sudah banyak Toko Online yang menjual makanan secara online. Berikut beberapa tips untuk memulai bisnis makanan online:

1.  Kritik dan saran. Ketahui kualitas rasa dari makanan yang kamu buat, bisa dengan cara membagikan sampel makanan kepada kerabat. Minta mereka untuk menuliskan kritik dan saran terhadap produk kamu.

2.   Perhatikan segi kerapihan kemasan. Makanan akan terlihat menarik jika di kemas dengan rapih dan bersih. Kemasan yang terlihat cantik akan lebih banyak menarik perhatian pembeli.

3.    Semangat  yang tinggi. Memiliki semangat yang tinggi merupakan modal awal yang penting. Untuk membuka suatu bisnis harus menyukai bidang yang di gelutinya, sehingga dalam kondisi penjualan seperti apa pun kamu akan tetap tekun menjalaninya.

4.   Hak Cipta. Kamu berhak memberikan merk dagang untuk produk makanan kamu, sudah tentu kamu perlu mendaftarkannya ke Departemen Kesehatan untuk mendapatkan izin edar makanan sehingga terjamin kelayakannya. Konsumen juga akan merasa aman jika produk makanan kamu sudah terdaftar dan ada izin edarnya.

5.   Bekerjasama dengan pihak lain. Bisnis kamu tidak akan berjalan dengan baik jika tidak melakukan kerjasama dengan pihak lain. Misalnya kamu membuat kue pengantin maka perlu menjalin kerjasama dengan wedding organizer.

6.   Toko Online. Berikan nama domain yang sesuai dengan apa yang kamu Jual Beli, misalnya kamu menjual oleh - oleh khas Jawa tengah maka kamu bisa memberi nama untuk website kamu bingkisanjawatengah.com atau yang lainnya. 

7.   Made by order. Untuk menjaga kualitas makanan lebih baik jika kamu membuat produk jika ada pemesanan saja. Beri tahukan konsumen kamu jika harus memesan beberapa hari sebelumnya. Kecuali untuk makanan yang bersifat kering yang tahan lama atau makanan ringan.

8.   Pengiriman barang. Pengiriman makanan melalui jasa pengiriman barang memerlukan perhatian khusus dalam hal pengepakan. Bungkuslah produk makanan kamu dengan kardus yang tebal, antisipasi jika kardus tertindih oleh barang lain.

9.   Jasa pengiriman barang. Gunakan layanan one day service untuk mengantisipasi makanan basi atau berjamur jika terlalu lama terbungkus. Misalnya kue pie susu Bali yang harus di kirim dalam keadaan fresh dan tidak boleh terlalu lama terbungkus.

10. Personal promosi. Kamu dapat melakukan teknik marketing yang lebih personal yaitu dengan promosikan dagangan kamu langsung ke telepon genggam calon customer menggunakan SMS Gateway. Kamu bisa melakukan mengirimkan SMS dalam satu kali pengiriman dapat tersampaikan ke ribuan nomor telepon genggam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar